PROSES PENGINPUTAN E-RAPORT SEMESTER 1 TAPEL 2020/2022

Dalam penginputan Raport SD Negeri 2 Kukusan telah menggunakan aplikasi E-Raport sejak Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Sebelum awal proses input data E-Raport disemester lalu telah dilakukan sosialisasi secara mandiri oleh Operator Sekolah kepada guru kelas dan guru mata pelajaran. Disemester ini guru-guru telah terbiasa menginput data secara mandiri.

Dalam pengisian rapor pada aplikasi erapor adalah tugas wali kelas masing-masing, selain menginputkan nilai-nilai, wali kelas juga harus mengisikan sebuah catatan di setiap rapor siswa, baik itu motivasi, saran atau lainnya untuk menyemangati siswa dalam belajar.Momen pembagian rapor adalah sebuah hal yang sangat dinanti-nanti oleh siswa, sehingga sebagai seorang guru khususnya wali kelas, sudah seharusnya memberikan suatu hal yang tidak boleh dianggap remeh oleh seorang guru. Maka dari itu selain berisi nilai-nilai hasil ulangan, dalam aplikasi erapor dilengkapi dengan sebuah motivasi, saran, peringatan, penyemangat yang sering disebut dengan Catatan Wali Kelas yang Memotivasi.

Dalam kegiatan pengisian erapor pada sekolah yang telah menggunakan aplikasi erapor maka ada salah satu tugas wali kelas yang harus di isi yaitu memberikan catatan berupa motivasi atau pemberitahuan yang sifatnya positif pada masing-masing rapor peserta didik sesuai dengan perwaliannya. Catatan wali kelas sangat penting bagi setiap peserta didik,baik catatan wali kelas untuk siswa yang akan lulus, siswa yang tidak lulus, siswa yang akan naik kelas, maupun siswa yang tidak naik kelas tujuannya adalah untuk memberi gambaran akan hasil yang telah dicapai selama kegiatan pembelajaran di sekolah dalam 1 semester maupun selama satu tahun selain itu juga dapat memberi motivasi kepada peserta didik untuk lebih baik pada semester berikutnya atau pada kelas selanjutnya.