PERTEMUAN RUTIN PENGURUS PAGUYUBAN KELAS DAN KEPALA SDN 2 KUKUSAN

Kepala SD Negeri 2 Kukusan dalam setiap rapat rutin mengatakan agar Sekolah bisa maju dan berkembang modal utamanya adalah kerjasama, baik kerjasama melibatkan guru, siswa-siswi serta orang tua/wali murid yang dibangun atas komitmen bersama. Ibu Rukmiyati, S.Pd.SD selaku kepala sekolah senantiasa mengingatkan bahwa kemajuan atau keberhasilan sekolah bisa tercipta ketika semua komponen yang ada di dalamnya mampu menjalankan dengan baik, sesuai  tupoksinya masing-masing, Selain itu, kepedulian dan semangat yang tinggi senantiasa harus hadir dalam diri semua pegawai Sekolah karena Sekolah ini adalah milik kita bersama bukan milik Kepala Sekolah. Lewat terbangunnya kepedulian dan semangat tersebut akan lahir prestasi yang dapat menjadi kebanggaan Sekolah.

Salah satu program yang  telah berjalan yaitu menjalin hubungan silahturahmi atau komunikasi antara guru Sekolah atau pihak Sekolah dengan orang tua/wali murid yakni dengan membentuk “paguyuban kelas” program tersebut merupakan langkah prioritas utama untuk direalisasikan,  Beliau juga menghimbau agar wali kelas segera mengundang orang tua/wali murid untuk mengadakan rapat untuk program ini dan mengingatkan kepada wali kelas tentang  kepengurusan dan keanggotaannya hanya melibatkan orang tua/wali murid, mulai dari pemilihan ketua, sekretaris dan anggota lainnya sementara guru kelas Sekolah hanya mengkoordinir saja. Adapun manfaat paguyuban kelas, siswa betah belajar didalam kelas, sedangkan untuk orang tua siswa  bisa saling mengenal lebih dekat hingga dapat menumbuhkan persaudaraan dan solidaritas di antara mereka serta menciptakan sinergi positif. Serta orang tua siswa/wali murid bisa menunjukan keterampilan dan bakat mereka masing-masing untuk berkreasi, Selain itu, mereka bisa berdiskusi tentang banyak hal untuk perbaikan dan kemajuan putra/putrinya serta kemajuan Sekolah.

Dengan di koordinir oleh wali kelas masing-masing, Alhamdulillah program tersebut sudah berjalan hampir 70% dan diharapkan dapat berjalan dengan lancar, baik serta tidak ada kesan memaksa atau paksaan kepada orang tua siswa/wali murid untuk ikut bergabung dalam pembentukan program tersebut. Program tersebut di harapkan dapat memotivasi/mendukung kemajuan Sekolah di dalam semua aspek terutama aspek kegiatan belajar mengajar,  apalagi dengan dukungan orang tua siswa/wali murid dengan mengerahkan dan mengorbankan waktu, tenaga serta pikiran ide-ide mereka guna mensukseskan program ini dan keberhasilan anak-anak mereka di dunia pendidikan dengan hasil yang memuaskan.