PEMASANGAN GAPURA DALAM RANGKA MEMPERINGATI HUT RI KE 77

Jika kita menengok kembali pada masa-masa lampau. Katakan saja masa lima sampai sepuluh tahun lalau, dimana kala itu setiap menyongsong HUT RI maka budaya gotong royong  membangun gapura  atau pintu gerbang  peringatan hari Kemerdekaan Indonesia  begitu kental dilakukan. Semangat menyambut kemerdekaan Republik Indonesia dengan membangun gapura ini sempat melekat dan menjadi kebiasaan serta budaya bagi warga SDN 2 Kukusan Kec. Kendit. Hal itu ditunjukkan agar semua warga lingkungan Sekolah bergotong royong membangun gapura alakadarnya.
Setiap menjelang memasuki bulan Agustus, SDN 2 Kukusan, baik guru dan siswa kompak membangun gapura. Ditahun 2022 ini pemasangan gapura dilakukan pada tanggal 31 juli tepat satu hari sebelum bulan agustus. Gapura yang dibangun dengan berbahan sederhana yang tidak memakan biaya besar. Ada yang dibuat dari bahan batang bambu, banner dan lain sebagainya. 
Terlepas dari itu semua, maka sayangnya budaya gotong royong membangun gapura  agustusan atau gapura kemerdekaan ini mulai terlupakan. Seolah- olah terkikis dengan kemajuan zaman.