MELEPAS PENAT SETELAH UJIAN SEMESTER DENGAN JALAN SANTAI DAN BERAGAM MANFAATNYA BAGI KESEHATAN

Gugus 2 Kec. Kendit mengadakan jalan sehat di sekitar lingkungan sekolahan untuk mengisi kegiatan di masa rehat ujian akhir semester, pada hari senin 13 Desember 2021. Kegiatan ini diikuti oleh 6 sekolah diantaranya SDN 1 Kukusan, SDN 2 Kukusan, SDN 1 Balung, SDN 2 Balung, SDN 3 Balung dan SDN 4 Balung. Seluruh warga sekolah mulai dari guru, siswa dan karyawan sampai dengan wali murid sangat bersemangat dalam mengikuti acara ini. Berawal dengan berdoa di halaman SDN 2 Balung, kemudian seluruh peserta berbaris melakukan jalan kaki di sekitar lingkungan sekolah.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud untuk memberi masa rehat atau Refreshing kepada siswa di setelah mengikuti ujian akhir semester. Untuk diketahui bahwa selama satu minggu, sekolah mengadakan ujian akhir semester ganjil. Ujian memang dilakukan lebih awal dari jadwal dinas karena sekolah mengadakan ujian untuk mata pelajaran muatan lokal. Sekolah mengadakan jalan sehat ini disela ujian,  setelah ujian untuk mata pelajaran sekolah dan untuk menghadapi ujian untuk mata pelajaran dinas.

Terlepas dari tujuan awal dilaksanakanya kegiatan jalan santai, hal ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan untuk kita. Menurut Kemenkes, berikut ini daftar manfaat yang bisa didapatkan dengan berjalan santai antara lain :

1. Memperpanjang hidup

Jalan santai dapat memperpanjang hidup Anda.  menemukan bahwa berjalan santai dengan kecepatan normal dapat mengurangi risiko kematian sebanyak 20 persen!

2. Menjaga daya tahan tubuh

Tidak perlu khawatir cepat tertular pilek dan flu. Rutin jalan santai dapat meningkatkan sistem imun dan membantu mencegah flu dan pilek. Anda dapat melakukan jalan santai di dalam ruangan bila udara di luar dingin.

3. Membakar kalori

Memiliki berat badan ideal tidak harus ditempuh dengan olahraga berat. Anda bisa membakar kalori hanya dengan jalan santai! Tentunya pembakaran kalori bergantung dari kecepatan jalan dan jarak yang ditempuh. Lakukan dengan rutin setiap hari untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

4. Menambah energi

Jalan santai mampu meningkatkan kadar oksigen dan hormon-hormon yang menambah energi dalam tubuh, seperti epinephrine, norepinephrine, dan kortisol. Jadi hindari kopi di pagi hari sebagai cara untuk mendapatkan energi pagi Anda.

5. Menurunkan kadar gula darah

Menurut sebuah penelitian, Jalan santai selama 15 menit sebanyak tiga kali sehari seusai makan ditemukan mampu membantu menstabilkan kadar gula darah. Meskipun demikian, masih diperlukan riset untuk memastikan manfaat jalan santai terhadap kadar gula darah.

6. Melindungi otot jantung

Menjaga otot jantung tidaklah sulit, menurut sebuah studi, cukup dengan berjalan setidaknya 30 menit sehari selama lima hari dalam seminggu mampu menurunkan peluang Anda mengalami penyakit jantung koroner.

7. Membentuk otot paha

Jangan salah. Jalan santai juga bisa menguatkan dan membentuk otot paha. Anda dapat berjalan santai di tempat menanjak atau rute dengan tangga untuk bisa melatih otot paha.Akan lebih baik lagi jika dikombinasikan dengan olahraga ketahanan lainnya, seperti squatlunges, dan sebagainya.

8. Meringankan nyeri sendi

Punya masalah dengan persendian? Anda bisa menerapkan jalan santai dengan jarak delapan sampai sembilan kilometer per minggunya dapat mencegah dan meringankan radang sendi. Tapi jangan lupa ukur kekuatan Anda, jika malahan terasa nyeri, segeralah beristirahat.

9. Membantu berpikir

Sedang ruwet dan butuh ide baru? Coba berjalan santai untuk membuka pikiran Anda. Peningkatan aktivitas fisik berupa berjalan mampu meningkatkan kreativitas dan membantu memunculkan ide-ide baru.

10. Memperbaiki suasana hati

Tidak hanya secara fisik, Anda juga bisa menuai manfaat jalan santai untuk psikis. Jalan santai selama 30 menit sebanyak tiga kali sehari dapat membantu mengurangi gejala depresi dan kecemasan, serta meningkat kepercayaan diri.

11. Mencegah stroke

Jalan santai ternyata mampu mencegah dan menurunkan risiko penyakit stroke. Hal ini ternyata diketahui efektif jika dilakukan secara rutin 5 kali dalam seminggu, dengan waktu 30 menit setiap hari.Selain mencegah dan menurunkan risiko terkena stroke, jalan santai juga ternyata bagus untuk mempercepat proses pemulihan pada penderita stroke.

Tips supaya lebih rajin jalan santai

Untuk mendapatkan manfaat jalan santai, tentunya Anda harus tahu bagaimana cara memotivasi diri untuk berjalan kaki. Berikut adalah tips yang bisa Anda coba supaya lebih rajin berolahraga jalan kaki.

  • Jadikan kebiasaan

Salah satu cara mudah untuk lebih rajin jalan santai ialah menjadikannya kebiasaan. Misalnya, saat Anda naik kendaraan umum ke kantor, berhentilah sebelum sampai di kantor. Hal ini dilakukan agar Anda memiliki waktu untuk berjalan ke kantor.

  • Mendengarkan musik

Mendengarkan musik atau podcast sambil jalan santai juga bisa memotivasi kamu agar lebih semangat dalam berjalan kaki. Selain itu, musik dapat memberikan ritme pada kaki supaya bergerak lebih cepat dan stabil.

  • Lewati rute yang menarik

Jika Anda butuh motivasi untuk jalan santai, pilihlah rute yang menarik untuk dilewati. Misalnya, di perkotaan atau taman. Jika memang rumah Anda di dekat pantai, cobalah berjalan di pesisir sambil melihat pemandangan yang indah.

Terapkan cara berjalan santai yang benar

Meskipun mudah dilakukan, tidak berarti berjalan santai tidak memiliki teknik tersendiri. Bila Anda ingin mencoba berjalan sebagai alternatif olahraga, maka Anda perlu memperhatikan postur tubuh saat berjalan.Saat melakukan jalan santai, kepala harus tegak dan melihat ke depan sementara bagian bahu, leher, dan punggung dilemaskan. Gerakkan lengan saat berjalan secara bebas dengan menekukkan sikut. Kencangkan otot perut dan jaga agar punggung tetap lurus.Sebelum melakukan jalan santai, lakukanlah pemanasan dan peregangan, serta tentukan rute yang akan dilewati. Pastikan Anda menggunakan sepatu lari yang nyaman dan melakukan pendinginan seusai berjalan santai.