LATIHAN MENJELAJAH

Kegiatan latihan Pramuka siaga menjadi kegiatan untuk memahami materi pembelajaran dengan menerapkan metode belajar sambil praktek. Salah satu contoh kegiatan belajar sambil melakukan pada kegiatan Pramuka siaga adalah melakukan penjelajahan. Belajar sambil melakukan di alam terbuka adalah ciri khas kegiatan pendidikan Gerakan Pramuka tingkat siaga, penggalang, dan penegak. Berada pada alam terbuka tentunya dapat menghasilkan kegiatan yang menarik dan menyenangkan. Untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Metode kegiatan latihan Pramuka siaga adalah acuan yang di terapkan pada pembinaan pendidikan kepramukaan yang menarik, menantang dan menyenangkan. Pelaksanaannya pun di lakukan secara menyeluruh dan tidak terpisah – pisah.

Pada hari sabtu SD Negeri 2 kukusan melakukan kegiatan latihan menjelajah yang diikuti oleh seluruh siswa dari kelas 1 hingga kelas 6. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kecakapan serta ketangkasan siswa. Selain itu latihan penjelajahan ini ditujukan untuk memupuk kekompakan dan kerjasama tiap anggota regu. Tak hanya itu, tujuan yang tak kalah penting dalam latihan kali ini adalah untuk mengenalkan serta memupuk rasa cinta terhadap lingkungan sekitar. Karena penjelajahan dilakukan di sekitar lingkungan sekolah.

Tempat dan wahana belajarnya Pramuka siaga adalah alam terbuka. Pada alam terbuka anggota siaga dapat memahami materi latihan Pramuka dengan mudah. Sebab pada alam terbuka anggota dapat leluasa beraktivitas dalam melakukan penerapan pembelajaran. Selain itu alam terbuka membantu membuka akal dan indra anggota yang terbelenggu. Jangkauan indra yang luas memberi kesempatan untuk meningkatkan kemampuan akal dan pengetahuan yang luas.