BELAJAR DENGAN ALAM

Saat siswa terus menerus belajar di kelas lama kelamaan tentu akan merasa,jenuh, bosan, kehilangan gairah dan semangat hidup disebabkan oleh beratnya beban pekerjaan, beban hidup dan lain sebagainya.

Tidak ada salahnya kita meninggalkan semua rutinitas dan kegiatan kita, pergi ke daerah pedesaan, menikmati keindahan alam semesta dan bersahabat dengan alam. Bukalah mata, bangkitlah dari tidur, jernihkan pikiran dan cobalah untuk melangkah dan menyusuri jalan-jalan setapak yang dipenuhi keindahan alam semesta beserta keunikan yang ada.

Nikmatilah sejuknya udara dan butiran embun pagi hingga saat mentari mengintip di ufuk timur. Rasakan kehangatan sinarnya yang menghangatkan tubuh kita. Betapa indahnya alam semesta. Sesungguhnya begitu banyak hal yang dapat kita pelajari dari alam dan isinya sebagai karunia terindah Tuhan untuk manusia.

"Dari AIR kita belajar ketenangan dan keteguhan hati" Walaupun menghadapi banyak rintangan dan benturan, baik itu terhadap batu, akar pohon maupun jalan yang berliku-liku, namun air tetap tenang dan teguh pendirian melalui semuanya hingga ke laut.

"Dari BATU kita belajar ketegaran" Walaupun diterpa angin, badai dan hujan, sebongkah batu tidak akan gampang dipecahkan. Mereka tetap tegar berdiri, meskipun lumut hinggap di tubuhnya.

"Dari TANAH kita belajar kehidupan" Melalui media tanah, tanaman dapat hidup, berkembang dan hasilnya dapat dinikmati oleh seluruh makhluk di muka bumi.

"Dari API kita belajar semangat dan kehangatan" Api yang menyala akan menghasilkan suasana penuh kehangatan. Di saat berkemah, acara penyalaan api unggun merupakan hal yang dinantikan semua orang. Api juga merupakan simbol semangat hidup yang menyala.

"Dari KUPU-KUPU kita belajar mengubah diri" Seekor kupu-kupu bertransformasi dari ulat yang menjijikkan. Setelah mengurung diri dalam kepompong, akhirnya berubah wujud menjadi seekor kupu-kupu yang cantik dan indah dipandang mata.

Kita dapat belajar banyak hal dari alam semesta demi sebuah kehidupan yang lebih baik lagi dan bermakna bagi sesama kita. Selamat menikmati dan belajar dari keindahannya alam semesta.